Sabtu, 25 Mei 2013

0 Cara Mengamankan Akun FB

Date: Sabtu, 25 Mei 2013 13.10
Category:
Author: ilham rizki
Share:
Responds: 0 Comment
cara mengamankan akun fb dari hacker, cara amankan akun, akun biar nggak dibajak Sahabat blogger, kali ini saya akan membahas tentang bagaimana Cara Mengamankan Akun Facebook Dari Hacker. Bagi sahabat yang pernah kena hack akun Facebooknya, Kenali dulu Cara Hacker Membajak Akun Facebook. Tips ini bisa diterapkan buat menjaga supaya akun Facebook yang baru nggak kena hack lagi. Tapi kalau belum sempat bikin lagi akun baru, sebetulnya ada cara mudah dan simpel untuk balikin lagi akun Facebook yang dibajak orang.

Kalau sahabat blogger ada yang masih bingung bagaimana Cara Mengamankan Akun Facebook Dari Hacker, mungkin tips ini bisa dicoba supaya terhindar dari tangan jail orang-orang yang nggak bertanggung jawab membajak akun Facebook milik sahabat.
Bagi sahabat yang belum tau bagaimana sang hacker mengambil alih akun Facebook, lihat tentang Cara Hacker Membajak Akun.

Ada beberapa cara mengamankan akun facebook dari hacker, antara lain;
1. Hindari penyimpanan data di browser.
Sahabat pasti pernah diingatkan untuk menyimpan username dan password oleh browser yang sahabat pakai buat browsing ketika login facebook. Nah cara terbaik untuk menghindarinya yaitu abaikan saja atau tekan tombol escape di keyboard. Hal ini dilakukan untuk menghindari proses penyimpanan passwors di browser, yang tersimpan di riwayat browser. Karena dari penyimpanan data tersebut, merupakan salah satu cara hacker membajak akun facebook sahabat.

2. Hindari kunjungan ke situs yang mencurigakan.
Ini yang harus diperhatikan oleh sahabat, dimana cara ini merupakan alternatif lain untuk membajak akun facebook sahabat. Hal ini merupakan direct akses, atau pengalihan link ke situs lain dengan pesan yang sangat menarik, dan membuat sahabat ingin mengklik link yang dikasih oleh orang yang nggak dikenal. Waspadai kalau link yang sahabat tuju tiba-tiba meminta untuk memasukan lagi username dan password facebook. Baiknya cek dulu dibagian address bar, apakah benar menunjukan ke http://www.facebook.com atau URL lain..? Kalau ternyata URL tersebut bukan alamat asli facebook, baiknya hindari untuk melakukan login ulang. Trik ini dinamakan Phishing website. Tapi nggak cuma phishing aja, bisa jadi URL yang dituju mengandung malware yang dapat mencuri data dari browser, untuk itu tahap pertama diatas harus diperhatikan.

3. Hindari download dan install software sembarangan.
Rasa penasaran manusia itu berbeda-beda, akan tetapi bagi yang rasa penasarannya tinggi, kadang hal apapun pasti dijabanin, termasuk download dan install software sembarangna. Salah satunya misalkan sahabat penasaran ingin hack facebook seseorang, dengan cara mencari software untuk hack facebook. Di softwarenya mungkin dituliskan Facebook Hack versi sekian, nah kenali dulu Cara Hacker Membajak Facebook, ini merupakan akal-akalan si hacker aja dengan membuat software pembobol facebook, padahal yang diterapkan dalam software tersebut melainkan sebuah alat untuk mengirimkan data melalu email SMTP, biasanya menggunakan fasilitas Gmail, dengan port 587. Atau yang lebih parah lagi didalam software tersebut sudah tertanam Keylogger. Ini yang paling berbahaya, yang tadinya niat hack facebook seseorang, malah sahabat sendiri yang kena jebakan batman.

4. Gunakan kata sandi / password yang berbeda dengan email akun.
Kenapa harus berbeda, ini adalah cara mengamankan akun facebook dari serangan hacker. Hal tersebut untuk menghindari fatalnya akun sahabat di bajak. Bayangkan saja kalau password akun FB sama dengan akun email yang didaftarkan di facebook, sahabat udah ga bisa ngapa-ngapain lagi kalau hal ini terjadi. Alasan kenapa harus beda yaitu, supaya ketika akun sahabat dibajak oleh seseorang, sahabat masih bisa memulihkannya melalui email yang sahabat gunakan ketika daftar facebook, dijamin akun facebook sahabat bakal kembali ke tangan sahabat.
Perlu diperhatikan bagi sahabat yang daftar facebook memakai email sembarangan dan tidak melakukan verifikasi email. Ini sudah nggak akan tertolong lagi kalau sahabat lupa email, password email dan pertanyaan keamanan untuk lupa password. Harap dicatat dan disimpan ketiga hal-hal tersebut, guna mengamankan akun facebook dari hacker.

Sebetulnya masih banyak yang harus dipaparkan cara mengamankan akun facebook tersebut, tapi untuk saat ini saya jelaskan hanya 4 tahap penting yang harus diperhatikan oleh sahabat. Nex time bakal saya share juga mengenai cara memulihkan akun facebook yang dibajak.

Mudah-mudahan penjelasan diatas bermanfaat bagi sahabat yang masih belum mengetahui cara mengamankan akun facebook dari serangan hacker.

Artikel Terkait :



Posting Komentar

Recent Comment

CONTOH DARI EFEK TULISAN MATRIX - KALAU TERTARIK SILAKAN DICOBA